PEMANFAATAN GELAS PLASTIK BEKAS AIR MINERAL SEBAGAI MEDIA TANAM HIDROPONIK


               Sebagai sekolah yang bertemakan lingkungan, Sekolah Global Andalan Estate Ukui sangat menjaga sekali kebersihan serta keasrian lingkungan baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan sekitar sekolah. Maka dari itu, pihak sekolah sejak dini sudah menanamkan di dalam diri para peserta didik untuk selalu tanggap dengan yang namanya “Sampah”.
               Sampah secara umum dapat digolongkan menjadi dua, yaitu sampah organic dan sampah anorganik. Sampah organic adalah sampah yang dapat membusuk seperti sisa makanan, sampah kebun, maupun sampah pertanian. Sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang tidak dapat membusuk dan tidak dapat diuraikan oleh tanah apabila tertimbun dalam kurun waktu yang cukup lama seperti sampah karet, gelas, logam, plastik, dan masih banyak lagi yang lainnya.
               Dengan adanya Program Adiwiyata di Sekolah Global Andalan Estate Ukui yang saat ini menuju ke tingkat Nasional, dan juga program-program dari pihak Yayasan Kerinci Citra Kasih (YKCK) serta bimbingan dari pihak PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), kesadaran warga sekolah dengan adanya bahaya sampah membuat seluruh warga sekolah mengambil langkah bagaimana cara mengatasi masalah sampah tersebut. Banyak langkah yang sudah dilakukan, salah satunya dengan cara menghimbau kepada seluruh warga sekolah dilarang membawa plastik ke sekolah, dan juga melakukan operasi semut membersihkan sampah baik di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Nah, di luar lingkungan sekolah inilah masih banyak ditemui sampah plastik yang salah satu contohnya adalah Gelas Plastik Bekas Air Mineral.
               Gelas plastik bekas air mineral yang dikumpulkan peserta didik sebenarnya masih bisa dimanfaatkan sehingga masih bisa memiliki nilai guna dan bukan hanya menjadi sampah yang sulit untuk diuraikan. Disini peserta didik bisa belajar langsung tentang teknis pengelolaan sampah terpadu 3R (Reuse, Reduce, Recycle) yaitu menggunakan kembali sampah secara langsung, mengurangi segala sesuatu yang menyebabkan timbulnya sampah. Salah satu cara sederhana pengolahan sampah yang dapat dilakukan adalah dengan teknis Reuse, yaitu memanfaatkan gelas bekas air mineral yang telah dikumpulkan peserta didik tadi sebagai media tanam dengan menggunakan konsep hidroponik sumbu atau system wick.
               Hidroponik adalah suatu system budidaya tanaman yang menggunakan air sebagai media utamanya, tanaman bisa tumbuh dengan baik tanpa menggunakan tanah. Penggunaan konsep hidroponik sumbu merupakan salah satu cara sederhana yang dapat diterapkan di sekolah untuk meningkatkan kesadaran peserta didik terhadap lingkungan dengan memanfaatkan gelas plastik bekas air mineral dan mengolah sampah menjadi suatu benda yang lebih bermanfaat dan dapat dipergunakan sebagai media pembelajaran.

Penulis : Dedi Susilo.

 

 

 

>

POPULER

Sekolah Global Andalan Estate Cerenti Juara I dalam rangka Bulan K3 di Pangkalan Kerinci

Dalam rangka memperingati bulan K3, tim OHS Riau Fiber mengajak sekolah-sekolah Binaan RAPP untuk ikut serta dalam lomba K3 memeriahkan

Sekolah Alam Estate Pelalawan

Sekolah Global Andalan Pelalawan Estate Pelalawan berlokasi di PT. RAPP Sektor Pelalawan. Sekolah ini di sebut Sekolah Alam yang menekankan

Eco Green Park (EGP) Sekolah Global Andalan Estate Logas

Eco Green Park merupakan tempat belajar  yang baru dibuka sejak 04 April 2017 di Sekolah Global Andalan Estate Logas. Lokasi

Our Partners